Selasa, 01 Juni 2010

SUKA DUKA DALAM MENGERJAKAN TUGAS PENGEMBANGAN ORGANISASI


PROLOG

NAMA KELOMPOK: THE WIND OF CHANGE

KETUA KELOMPOK: Andri Wahyu Prasetyo F1B008030

ANGGOTA KELOMPOK:

1 . Alip Hermawan F1B005220
2 . Sella Yanuar F1B008001
3 . Andri Wahyu Prasetyo F1B008030
4 . Isaq Batuara F1B008054
5 . Dessy Andi Riani F1B008076

MOTTO : BIKIN HIDUP LEBIH HIDUP DENGAN PERUBAHAN

JUDUL BAB: BENTUK-BENTUK STRATEGI PERUBAHAN


Pada semester empat ini kami mahasiswa jurusan Administrasi Negara mengambil mata kuliah Pengembangan Organisasi , mata kuliah ini diampu oleh Bapak Simin dan Bapak Ali rokhman. Mata kuliah ini adalah salah satu mata kuliah pilihan. Setelah UTS berakhir Pengembangan Organisasi diampu oleh Bapak Ali Rokhman, beliau adalah lulusan dari Jepang. Menurut kami yang sudah pernah diampu mata kuliah oleh beliau, cara mengajar beliau menyenangkan, gampang dimengerti, nilai yang diberikan juga cukup baik.

Pada awal pertemuan beliau menyarankan kepada kami agar memiliki buku Change dari Rhenald Khasaldi, baik membeli, meminjam di perpustakaan ataupun memphotocopy buku tersebut. Pada awal pertemuan beliau membagi semua mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini secara acak untuk pembagian kelompok. Mungkin tujuan Bapak Ali Rokhman mengacak mahasiswa adalah agar kami saling mengenal satu sama lain, temasuk bisa mengenal angkatan atas yang juga mengambil mata kuliah ini.

Pembagian kelompok ini bertujuan untuk mengerjakan tugas resume buku Change dan mempresentasikannnya. Dalam pikiran kami,” wah presentasi lagi, presentasi lagi”. Maklum bagi kami tugas yang diberikan dosen-dosen lain sudah menggunung. Satu lagi tugas bertambah dan menunggu untuk diselesaikan. Pada awal pertemuan, hanya sedikit mahasiswa yang menghadiri kuliah Pengembangan Organisasi, dikarenakan karena mahasiswa masih “meliburkan diri” setelah UTS. Bapak Ali Rokhman seperti biasa menginformasikan pada mahasiswa bahwa pembagian kelompok bisa dilihat di blog pribadi milik Bapak Ali Rokhman. Buku Change terdiri dari 14 bab, setiap kelompok diberi bagian satu bab saja.


SUKA DUKA DALAM MENGERJAKAN TUGAS PENGEMBANGAN ORGANISASI

TAHAP PENGKOORDINASIAN

Setelah diumumkan bahwa pembagian kelompok sudah ada di blog pribadi Bapak Ali Rokhman keesokan harinya kami menuju ke warnet jurusan Administrasi Negara, karena harga per/jam disitu lebih murah. Satu kelompok berisi lima orang, kelompok kami terdiri dari Alip Hermawan, Sella Yanuar, Andri Wahyu Prasetyo, Isaq Batuara, Dessy Andi Riani. Kelompok kami empat diantaranya terdiri dari angkatan 2008 dan satu orang yaitu

Alip Hermawan adalah angkatan 2005. Kelompok kami mendapatkan tugas resume bab tiga, yaitu tentang Bentuk-Bentuk Strategi Perubahan. Untuk Sella Yanuar, Andri Wahyu Prasetyo, Isaq Batuara, Dessy Andi Riani kami tidak mengalami kesulitan untuk menemukan mereka, karena mereka satu angkatan dan kami semua saling mengenal, tapi untuk Alip Hermawan kami sama sekali tidak mengenal dia, apalagi dia adalah angkatan 2005. Disitu kami sedikit bingung untuk menemukan Alip Hermawan tersebut, butuh waktu sampai akhirnya kami menemukan dia. Bertanya pada teman seangkatan dan kakak senior dan lain-lain. Nah..ternyata mas Aliph Hermawan ini hadir pada kuliah Pengembangan Organisasi pertemuan yang kedua. Sehingga kami mengetahui bentuk dan rupa Alip Hermawan ini.

Pada pertemuan kedua mata kuliah Pengembangan Organisasi, kami diperintahkan untuk berkumpul sesuai pembagian kelompok yang ada dalam blog pribadi Bapak Ali Rokhman. Bapak Ali Rokhman menyuruh kami untuk berkoordinasi bersama anggota kelompok lainnya untuk menentukan nama kelompok, koordinator kelompok dan moto kelompok. Disini Bapak Ali Rokhman memberikan kebebasan kepada kami untuk menentukan semuanya, untuk nama kelompok dan moto kelompok diwajibkan berhubungan dengan “Change” atau perubahan, agar memberi semangat dan warna dalam perkuliahan Pengembangan Organisasi.

Setelah berdiskusi dengan anggota kelompok kami memutuskan nama kelompok kami adalah The Wind Of Change yang artinya adalah angin perubahan, dan moto kelompok kami adalah “ Bikin Hidup Lebih Hidup Dengan Perubahan”, sementara koordinator kelompok kami serahkan kepada Andri Wahyu Prasetyo. Kami berharap dengan nama kelompok kami yaitu The Wind Of Change, kami dapat membawa angin perubahan. Sedangkan moto kami, kami berharap dengan adanya perubahan yang positif maka hidup kita menjadi lebih hidup dan tidak ada lagi ungkapan “hidup ini membosankan”,dan harus senantiasa semangat menjalani hidup dengan adanya perubahan ke arah yang lebih baik.


TAHAPAN PEMBAGIAN TUGAS

Karena satu kelompok beranggotakan lima orang maka untuk mengefisiensikan waktu tugas resume dibagi-bagi, tiap anak mendapatkan bagian yang sama rata agar tidak ada yang merasa tidak adil. Setiap orang diwajibkan membuat resume yang nantinya apabila telah selesai tiap orang harus menyerahkan soft copy dan akan dijadikan satu kesatuan. Dalam tahapan ini kami tidak mengalami hambatan yang berarti.


TAHAPAN PEMBUATAN BLOG dan SLIDE

Bapak Ali Rokhman mewajibkan setiap kelompok mempunyai blog masing-masing dan hasil dari resume juga harus dibuat powerpoint untuk mempresentasikan hasil resume tiap-tiap kelompok. Hasil resume harus dipublikasikan di blog kelompok masing-masing untuk kemudian dikomentari oleh kelompok lain. Nah...di sini mulai timbul masalah-masalah, pertama kami belum pernah membuat blog, oleh karena itu kami minta diajarkan oleh kelompok lain untuk membuat blog. Ternyata untuk membuat blog tidaklah susah, namun mengeditnyalah yang menurut kami lebih susah.

Untuk mengatasi kesulitan ini kami berbagi ilmu dengan teman-teman yang lebih bisa dalam membuat blog, menurut kami tahapan membuat inilah yang sering mengalami hambatan, tapi dari sinilah kami belajar untuk menambah pengetahuan kami tentang teknologi, di dalam tahapan ini kami juga saling mengakrabkan diri baik dengan teman-teman seangkatan maupun senior. Kesusahan dalam membuat tugas Pengembangan Organisasi ini membawa kami dalam suatu keakraban lintas angkatan.

Tetapi ada satu lagi hambatan yaitu biaya, yah...empat anggota kami merupakan anak kost yang uang bulanannya tentu saja terbatas, hanya satu yang merupakan orang asli Purwokerto, maka dari itu mereka tidak bisa untuk sering-sering pergi ke warnet. Untung salah satu anggota kami ada yang berlangganan internet di rumah jadi kami bisa mengerjakan tugas blog dengan numpang hotspot di rumah salah satu anggota kami . pertemuan ini juga tidak hanya dilakukan di salah satu rumah teman kami, namun kami juga melakukan pertemuan di kampus dan kostan salah satu anggota kelompok kami untuk membahas dan mematangkan materi. Pertemuan ini dilakukan beberapa kali.

Dalam pembuatan slide kami bisa mengatasinya, cuma waktu pertama kali membuat slide powerpoint, kami membuatnya terlalu banyak yaitu 20 slide, terlalu banyak karena waktu yang diberikan Bapak Ali Rokhman untuk presentasi maksimal hanya 15 menit. Maka dari itu kami mengurangi slide yang akan kami presentasikan menjadi 10 slide saja.


TAHAPAN PRESENTASI

Tahapan ini merupakan di mana tiap-tiap kelompok harus mempresentasikan hasil resume berupa slide powerpoint di depan anak-anak yang lain. Bapak Ali Rokhman menuntut agar kelompok yang sedang berpresentasi tidak boleh membawa catatan dan juga tidak boleh anggota kelompok yang diam dan hanya sebagai “hiasan” saja. Semua anggota kelompok harus aktif dalam presentasi. Kesempurnaan dituntut dalam presentasi kali ini.

Oleh karena itu kelompok kami membagi tugas secara rata, Sella Yanuar sebagai moderator, Aliph Hermawan, Andri Wahyu Prasetyo, Dessy Andi Riani, Isaq Batuara sebagai penyaji. Kami berusaha untuk menghapalkan masing-masing slide yang memang menjadi bagian dari masing- masing anggota. Pada hari jumat tanggal 28 Mei 2010 kami berkumpul sebentar di Mushola FISIP untuk berlatih presentasi, sekedar untuk mengetes apakah masing-masing sudah menguasai materi yang akan dibawakan nantinya.

Pada sabtu 29 Mei 2010, diadakan kuliah tambahan Pengembangan Organisasi. Kuliah ini diadakan untuk menyelesaikan presentasi, kuliah ini berlangsung selama empat jam, kuliah pertama dijadwalkan pada pukul 10.00 - 12.00, kuliah kedua dijadwalkan jam13.00 - 15.00. Tetapi mendadak ada dosen tamu dari Universitas Brawijaya Malang yang datang ke FISIP UNSOED untuk mengisi mata kuliah Teori Administrasi Negara, dan semua mahasiswa yang mengambil mata kuliah Teori Administrasi Negara diwajibkan untuk mengikutinya. Maka dari itu jadwal presentasi Pengembangan Organisasi mundur selama satu jam, dimulai pada pukul 11.00 .

Pada pukul 11.00 setelah kuliah Teori Administrasi Negara selesai, kami memasuki ruang enam yang merupakan ruangan yang akan digunakan untuk presentasi. Tanpa mengulur-ulur waktu lagi Bapak Ali Rokhman memulai presentasi. Presentasi berdasarkan urutan bab, yang berarti kami maju pada urutan ketiga. Kami merasa grogi, karena pertama kalinya presentasi tidak boleh membawa coretan atau kertas untuk dibaca.
Kelompok satu dan dua sudah selesai presentasi, sekarang waktunya kelompok The Wind Of Change, kelompok kami untuk presentasi. Dag, dig, dug ...jantung kami semua, ternyata bukan cuma satu atau dua orang kelompok kami yang merasa grogi, tetapi kami saling menenangkan satu sama lain, saling memberi semangat, menghilangkan grogi dengan cara bernyanyi-nyanyi kecil, padahal demi apapun kami merasa sangat sangat grogi .

Kamipun maju ke depan untuk presentasi, alhamdullillah semua anggota hafal slide masing-masing, tanpa harus melihat catatan atau kertas. Waktu yang diberikan Bapak Ali Rokhman selama 15 menit pun masi tersisa lima menit, sehingga kami bisa membuka sesi tanya jawab, dan memberikan kesempatan kepada teman-teman untuk bertanya tentang materi kami. Teman kami yang bertanya adalah Anita Pramitasari dari angkatan 2008, dan tak henti-hentinya bersyukur kami semua dapat menjawab pertanyaan tersebut dengan lancar.

Tahapan penilaian berasal dari Bapak Ali Rokhman dan teman-teman yang mengambil mata kuliah Pengembangan Organisasi. Tiap mahasiswa diberikan satu lembar kertas penilaian yang harus diisi nilai sesuai pendapat pribadi mereka masing-masing. Pemberian nilai dilakukan secara objektif tidak ada unsur subyektif. Kami merasa sangat lega karena sudah menyelesaikan presentasi, dan kami sudah berusaha dengan maksimal. Beban tugas kuliah kamipun berkurang. Apapun penilaiannya nanti yang terpenting adalah kami sudah berusaha sekuat kami mampu.

THE WIND OF CHANGE
BIKIN HIDUP LEBIH HIDUP DENGAN PERUBAHAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar